Sabtu, 09 Mei 2009

Usaha Agen Percetakan

Beberapa tahun silam saya dan beberapa teman membuat usaha agen percetakan. Usaha percetakan sebenarnya lumayan menjajikan. Kalau saya pelajari, meskipun usaha pecetakan kita kecil, kita tetap bisa mendapat pembagian order karena modelnya seperti sistem overflow ( jadi percetakan yang lebih besar biasanya tidak mengambil order yang kecil-kecil), jadi order yang kecil bisa diambil oleh percetakan yang berskala kecil.


Kalau berbicara masalah usaha percetakan, sebenarnya ada beberapa macam usaha percetakan yang bisa kita tekuni. Mulai dari sablon (kartu nama, undangan pernikahan, kop surat, brosur, sablon plastik, spanduk), cetak offset sampai cetak warna sparasi maupun cetak warna yang sudah menggunakan mesin cetak digital. Tentu saja setiap model memerlukan modal usaha yang berbeda pula.


Sedangkan saya sendiri bergerak dibidang agen percetakannya, disamping modal yang dibutuhkan relatif kecil, usaha saya juga belum punya mesin cetak sendiri baik untuk sablon, offset maupun sparasi. Kami fokus pada pencarian order, design, pengadaan bahan dasar (kertas, plastik) sedangkan untuk pekerjaan cetaknya kami serahkan pada sablon dan percetakan rekanan. Usaha kami berjalan sekitar 1 tahun, dari waktu setahun tersebut kami sudah mempunyai beberapa langganan yang menyumbangkan pendapatan tetap perbulannya, mulai apotek, agen air isi ulang sampai yang terbesar yaitu sebuah MLM yang selalu pesan banyak kartu nama untuk anggotanya. Sayang usaha kami hanya bertahan sekitar setahunan saja karena kesibukan kerja masing-masing teman dan ketidak fokusan pada usaha akhirnya kami putuskan untuk menutup usaha kami tersebut. Meskipun usaha telah tutup tapi saya tetap senang karena masih ada salah seorang teman yang sampai sekarang meneruskan membuka usaha percetakan sendiri, disamping jadi agen juga sudah mulai membuka usaha sablon sendiri.


Bagi anda yang tertarik dengan usaha percetakan, jangan takut untuk memulai dan banyak bertanya dengan percetakan disekitar daerah anda baik yang kecil maupun yang sudah besar biasanya mereka mau share pengalaman dan ilmunya, jangan ragu untuk memulai meskipun dari sekedar agen percetakan saja.


sumber: lucky

8 komentar:

  1. modalnya cuma keberanian dan mau belajar, banyak yang bisa punya mesin dari yang awalnya cuma agen, yang penting bukan mesinnya tapi ordernya he..he..

    BalasHapus
  2. percetakan PRAMESWARI:

    Terima Kasih atas tambahannya.....dan tentunya kunjungan pada blog ini.

    Benul sekali,...order, order, order, order,...hehe

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Sukses ya gan, amiiin. Mhn ijin, ane mau nawarin jasa pmbuatan kalender, nota, kartu nama, album, kop surat, berbagai macam dus, dll. Jgn segan2 hub ane ya di 085100422450 cemerlang abadi grafika jl.banjir kanal 1 solo

    BalasHapus
  5. pengen punya usaha percetakan, saya tidak ada bakat dengan design.
    jika misalkan, saya ada oderan pembuatan banner, otomatis saya harus membayar jasa design ke digital printing, ongkos cetak dan bahannya. jika saya naikkan harganya untuk ambil untung, harga malah tidak bisa bersaing.
    bagaimana ya pak solusinya ???

    BalasHapus
  6. Gimana cara pemasaran produk percetakan? agar lancar.

    BalasHapus
  7. Menjual berbagai bahan baku percetakan, ipa, rwa, fountain debeloper dll untk informasi bisa menghubungi di 081310849918 terima kasih

    BalasHapus
  8. saat ini banyak percetakan jakarta yang sedang naik daun. Coba cek ke no ini Telp : (021) 4251294
    Wa / Sms : 085920000593

    BalasHapus